Sains Data dan Statistika Kembar atau Bukan?

Sains Data dan Statistika Kembar atau Bukan?

Dalam perkembangan era teknologi informasi seperti saat ini, tidak terlepas dengan penggunaan data, misalnya ketika memesan ojek online mulai dari rute, dan lain-lain termasuk dalam penggunaan data. Contoh lainnya yaitu pendataan penduduk, pastinya menggunakan data bukan?

Seperti pada contoh sebelumnya yaitu pendataan penduduk, pastinya dibutuhkan pengelolaan data setelah mengumpulkan data hingga mengambil keputusan yang tepat. Terlebih lagi jika terdapat kesalahan, maka ilmu tentang data sangat diperlukan masa kini. 

Banyak sekali fokus ilmu tentang data, namun sekarang akan dibahas terlebih dahulu untuk Statistika dan Sains Data. Beberapa orang menganggap kedua ilmu tersebut merupakan hal yang serupa, namun sejatinya tidak seperti itu. Berikut penjelasannya : 

  1. Pengertian

Statistika adalah cabang ilmu matematika yang berhubungan dengan pengumpulan data, analisis dan interpretasi data. Selain itu, statistika juga menyajikan data dengan teratur, menyajikan pola dan prediksi yang tersembunyi, dan membuat kesimpulan atau keputusan dengan bukti yang akurat dan jelas.

Sedangkan Data Science adalah kombinasi berbagai bidang perkejaan dalam statistik dan komputasi untuk menghasilkan analisis yang nantinya dapat diambil keputusan. Data yang diolah berupa sekumpulan data yang besar, banyak dan kompleks atau biasa disebut Big Data.  

  1. Cakupan Keilmuan

Cakupan statistika berupa hal yang lebih formal seperti, uji hipotesis, analisis regresi, estimasti parameter, dan lain-lain. Sedangkan Data Science cakupannya lebih luas yakni terdapat pengumpulan data, pre-processing data(pembersihan, penghilangan duplikat, kesalahan format data, dan lain-lain), analisis dan eksplorasi data, hingga menghasilkan kesimpulan yang akan menjadi dasar kuat untuk pengambilan keputusan yang tepat

  1. Kemampuan

Kemampuan yang dimiliki juga sedikit berbeda, pada Statistika, kemampuan difokuskan pada perhitungan matematika, kemampuan prediksi, analisis yang baik, dan lain-lain. Sedangkan pada Data Science, kemampuan yang diperlukan tentunya akan berurusan dengan komputer dan coding, seperti, pengolahan data baik berupa tabular maupun non tabular, terstruktur dan tidak terstruktur, cara mendapatkan Big Data, visualisasi data, dan lain-lain.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa statistika merupakan bagian penting dari Sains Data, dan Sains Data adalah gabungan dari statistika, matematika, dan ilmu komputer yang memiliki cakupan yang lebih luas dari statistika serta mencakup hal-hal kompleks seperti mengelola, menganalisis, eksplorasi data, implementasi dan modelling, dan lain-lain.

Tertarik belajar lebih lanjut tentang Data Science? Yuk gabung bersama Sains Data Telkom University Surabaya!

Playing with Data, Winning the Era.

More info : 

-Website : https://bds-sby.telkomuniversity.ac.id/

-Instagram : https://www.instagram.com/ds.telkomsurabaya/ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Ada yang bisa Mindata Bantu?
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?